Ilmu Dunia Akhirat

Berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman seputar ilmu dunia dan ilmu akhirat

Senin, 16 Januari 2017

Beberapa Nama Lain Sebutan dari Ilmu Kalam

Berikut ini adalah beberapa nama lain atau sebutan dari penamaan ilmu kalam :

Ilmu Tauhid


Dinamakan ilmu tauhid karena membahas tentang Allah. Pembahasan itu meliputi sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat yang boleh disifatkan bagi-Nya, dan sifat-sifat yang sama seklai tidak wajib ada bagi-Nya. Selain itu, ilmu kalam juga membicarakan tentang rasul-rasul Allah untuk menetapkan kerasulan mereka, hal-hal yang wajib pada diri mereka, hal-hal yang dikaitkan kepada mereka, dan hal-hal rerlarang yang berkaitan dengan mereka. Tujuan ilmu tauhid adalah untuk memantapkan keyakinan, kepercayaan. dan kemantapan hati yang didasarkan wahyu Allah.

llmu Usuluddin


Pokok-pokok kepercayaan terpenting yang menjadi pembahasannya adalah ketauhidan, kenabian, dan kepercayaan pada akhirat. Tujuan ilmu usuluddin adalah untuk memurnikan keesaan Allah. Ilmu ini menempati kedudukan yang sangat penting di antara ilmu-ilmu keislaman lainnya. Hal itu disebabkan objek kajiannya adalah kepercayaan-kepercayaan pokok dalam Islam.

llmu Akidah


Pokok pembahasan ilmu ini adalah kepercayaan dalam Islam. Akidah merupakan aspek fundamental dalam Islam yang berhubungan dengan keimanan dan kepercayaan terhadap hal-hal yang gaib. Beberapa istilah yang digunakan seperti akidah, tauhid. ilmu kalam, dan teologi terdapat persamaan, yaitu dalam objek yang menjadi pembicaraan atau pembahasan sama-sama membicarakan tentang Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Segala sesuatu tentang Tuhan disebut dengan Ketuhanan.

Tag : Pengertian ilmu kalam, Penjelasan ilmu kalam, Nama lain ilmu kalam, Sebutan ilmu kalam, Cabang ilmu kalam, Ilmu tauhid, Ilmu ushuluddin, Ilmu akidah

Related Posts
Disqus Comments