Ilmu Dunia Akhirat

Berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman seputar ilmu dunia dan ilmu akhirat

Rabu, 18 Januari 2017

Hubungan Ilmu Kalam dengan Al-Qur'an

Al-Qur'an sebagai sumber ilmu kalam, ternyata banyak sekali menyinggung hal-hal yang berkaitan dengan masalah ketuhanan, satu diantaranya adalah QS. Al-Ikhlas (112) Ayat 3-4, dalam Ayat ini menunjukkan bahwa : "Tuhan tidak beranak dan tidak diperanakkan serta tidak ada sesuatupun di dunia ini yang tampak sejajar dengan-Nya."

Terjemahan ayat di atas sangat berkaitan dengan dzat dan hal-hal lain yang berkaitan dengan eksistensi Tuhan. Hanya saja, penjelasan rincinya tidak ditemukan. Oleh sebab itu, para ahli berbeda pendapat dalam menginterprestasikan rinciannya. Pembicaraan tentang hal-hal yang berkaitan dengan ketuhanan itu di sistematisasikan yang pada gilirannya menjadi sebuah ilmu yang dikenal dengan istilah ilmu kalam.

Dengan demikian, ilmu kalam dengan Al-Qur’an adalah ilmu yang saling berketerkaitan yang tidak bisa dipisahkan, karena sumber dari ilmu kalam adalah Al-Qur'an dan hadits. Al-Qur'an sendiri di dalam isinya banyak membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan Tuhan baik berupa dzat, sifat, asma, perbuatan dan tuntunan sedangkan ilmu kalam juga membahas keesaan Allah swt.

Tag : Penjelasan ilmu kalam, Hubungan ilmu kalam, Hubungan ilmu kalam dengan Al-Qur'an

Related Posts
Disqus Comments