Ilmu Dunia Akhirat

Berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman seputar ilmu dunia dan ilmu akhirat

Jumat, 20 Januari 2017

Keterkaitan Ilmu Kalam dengan Beberapa Ilmu Keislaman

Adapun keterkaitan ilmu kalam dengan beberapa ilmu-ilmu keislaman lainnya, yaitu filsafat Islam, fikih, dan tasawuf.

Filsafat Islam


Filsafat Yunani telah menarik perhatian kaum muslimin. terutama sesudah ada terjemahan buku-buku filsafat Yunani ke dalam bahasa Arab. Penerjemahan itu dilakukan sejak zaman Khalifah al-Mansur (754-1i5 M) dan mencapai puncaknya pada masa al-Makmun (813-833 M) dari Bani Abbasiyah. Ilmu retorika dan ilmu tentang cara berdebat sebagai bagian dari filsafat Yunani mendapat perhatian tersendiri dari kaum muslimin. Filsafat Yunani tidak hanya diambil manfaatnya oleh kalangan mutakalimin sebagai alat untuk memperkuat dalil-dalil kepercayaan Islam dalam menghadapi lalan-lawannya. Akan tetapi, juga diambil manfaatnya dari kalangan ahli-ahli filsafat Islam, seperti al-Kindi, al-Farabi, dan Ibnu Sina. Meskipun demikian, terdapat perbedaan antara ilmu kalam dan filsafat Islam dalam cara pembinaannya. Ilmu kalam timbul secara berangsur-angsur dan awalnya merupakan hal yang terpisah-pisah, misalnya dari masalah akidah ke masalah politik. Adapun filsafat Islam muncul dari hasil penerjemahan filsafat Yunani.

Artikel terkait : Hubungan Ilmu Kalam dengan Filsafat Keislaman

Ilmu Fikih


Objek pembahasan ilmu kalam dengan fikih sangat berbeda. Ilmu kalam membicarakan tentang akidah, prinsip keyakinan Islam, dan keesaan Allah. Adapun ilmu fikih membahas hukum-hukum yang berkaitan dengan ibadah, muamalah, perkarvinan, pidana. dan waris. Selain itu, ilmu fikih juga mengatur tentang amaliah pengabdian seorang muslim kepada Allah dan hubungan dengan manusia.

Artikel terkait : Hubungan Ilmu Kalam dengan Syariat

Ilmu Tasawuf


Dalam membahas masalah-masalah agama, ilmu kalam menggunakan dalil-dalil pikiran yang dimasukkan ke dalam hati nurani untuk membentuk ibadah manusia. Adapun tasawuf dalam membahas masalah ibadah lebih banyak menggunakan perasaan dan latihan kejiwaan karena dengan cara ini dapat memperbanyak amal ibadah. Unsur utama tasawuf adalah penyucian diri dan tujuan akhirnya adalah kebahagiaan dan keselamatan abadi.

Tag : Keterkaitan ilmu kalam, Hubungan ilmu kalam dengan ilmu lain, Hubungan ilmu kalam dengan filsafat islam, Hubungan ilmu kalam dengan ilmu fikih, Hubungan ilmu kalam dengan ilmu tasawuf



Related Posts
Disqus Comments