Ilmu Dunia Akhirat

Berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman seputar ilmu dunia dan ilmu akhirat

Senin, 23 Januari 2017

Pengertian dan Definisi Ilmu Kalam

Konsep ilmu kalam dapat ditelusuri dari akar katanya. Secara etimologis, kalam berarti pembicaraan, yakni pembicaraan yang bernalar dengan menggunakan logika. Oleh karena itu, ciri utama dari ilmu kalam adalah rasionalitas dan logika.

Kata kalam sendiri mulanya memang dimaksudkan sebagai terjemah dari logos yang diadopsi dari Bahasa Yunani yang berarti pembicaraan. Dari kata inilah muncul istilah logika dan logis yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab dengan istilah mantiq sehingga ilmu logika, khususnya logika formal (silogisme) dinamakan mantiq. Karena diadopsi dari Bahasa Yunani, maka kerangka dan isi pemikiran Yunani memberikan kontribusi yang besar untuk memperkaya Ilmu Kalam.

Pengertian Ilmu Kalam Menurut Ahli Agama


Pengertian ilmu kalam menurut Syekh Muhammad Abduh, ilmu kalam adalah ilmu yang membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat jaiz yang disifatkan bagi-Nya, dari sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya. Selain itu, ilmu kalam juga membahas tentang rasul-rasul Allah untuk menetapkan kebenaran risalahnya, apa ang wajib ada pada dirinya, hal-hal jaiz yang dihubungkan pada diri mereka, dan hal-hal terlarang yang dihubungkan kepada diri mereka.



Pengertian ilmu kalam menurut Ibnu Kholdun, dia menerangkan bahwa ilmu kalam ialah ilmu yang berisi alasan-alasan untuk mempertahankan kepercayaan-kepercayan iman dengan menggunakan dalil-dalil pikiran dan berisi bantahan-bantahan terhadap orang-orang yang menyeleweng dari kepercayaan salaf dan ahli sunnah.

Pengertian ilmu kalam menurut Mustafa Abdul Raziq adalah sebuah ilmu yang sangat berkaitan atau berhubungan dengan keyakinan iman atau aqidah seseorang yang berasal dari argumen-argumen rasional yang masuk akal

Pengertian ilmu kalam menurut Al-Farabi, seorang tokoh jenius muslim pada masa kejayaannya juga menjelaskan, Ilmu kalam adalah merupakan ilmu yang mempelajari tentang keesaan zat Allah dan sifat-sifatnya beserta semua eksistensinya, mulai dari masalah dunia hingga masalah akhirat.

Tag : Pengertian ilmu kalam, Definisi ilmu kalam, Ilmu kalam secara bahasa, Ilmu kalam secara istilah, Ilmu kalam adalah, Pengertian ilmu kalam menurut para ahli, Ilmu kalam menurut Syekh Muhammad Abduh, Ilmu kalam menurut Ilmu Kholdun, Ilmu kalam menurut Mustafa Abdul Raziq, Ilmu Kalam menurut Al-Farabi


Related Posts
Disqus Comments