Ilmu Dunia Akhirat

Berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman seputar ilmu dunia dan ilmu akhirat

Jumat, 06 Januari 2017

Asal Usul Sejarah Singkat Lahirnya Ajaran Aliran Jabariyah

Nama Jabariyah berasal dari kata jabara yang mengandung arti memaksa. Menurut al-Syahrastani, Jabariyah berarti menghilangkan perbuatan dari hamba secara hakikat dan menyandarkan perbuatan tersebut kepada Allah.

Aliran Jabariyah diduga telah ada sejak sebelum agama Islam datang ke masyarakat Arab. Kehidupan bangsa Arab yang diliputi oleh gurun pasir telah memberi pengaruh besar ke dalam cara hidup mereka. Aliran Jabariyah ini selanjutnya mengembangkan pahamnya sesuai dengan perkembangan masyarakat pada masa itu, sebagaimana telah disebutkan di atas. Aliran ini mengajarkan paham bahwa manusia dalam melakukan perbuatannya berada dalam keadaan terpaksa. Manusia dianggap tidak mempunyai kebebasan dan kemerdekaan dalam menentukan kehendak dan perbuatannya. Semua terikat pada kehendak mutlak Allah.



Dalam sejarah tercatat bahwa orang yang pertama kali mengemukakan paham Jabariyah di kalangan umat Islam adalah al-Ja'ad Ibnu Dirham. Pandangan-pandangan Ja'ad ini, kemudian disebarluaskan oleh para pengikutnya, seperti Jahm bin Safwan.

Manusia menurut aliran Jabariyah adalah sangat lemah, tidak berdaya, serta terikat dengan kekuasaan dan kehendak mutlak Tuhan. Manusia tidak mempunyai kehendak dan kemauan bebas, sebagaimana dimiliki oleh paham Qadariyah. Seluruh tindakan dan perbuatan manusia tidak boleh lepas dari aturan, skenario, dan kehendak Allah. Segala akibat baik dan buruk yang diterima oleh manusia dalam perjalanan hidupnnya adalah merupakan ketentuan Allah. Akan tetapi, ada kecenderungan bahwa Tuhan lebih memperlihatkan sikap-Nya yan gmutlak, absolut, dan berbuat sekehendak-Nya. Hal ini dapat menimbulkan paham seolah-olah Tuhan tidak adil. Misalnya, Tuhan menyiksa orang yang berbuat dosa, tetapi perbuatan dosa yang dilakukan orang itu terjadi atas kehendak-Nya.

Baik aliran Qadariyah maupun Jabariyah tampaknya memperlihatkan paham yang saling bertentangan sekalipun mereka sama-sama berpegang pada Al-Qur’an. Hal ini memperlihatkan betapa terbukanya kemungkinan terjadinya perbedaan pendapat dalam Islam.

Tag : Asal usul, Sejarah singkat, Aliran jabariyah, Lahirnya ajaran jabariyah, Asal usul ajaran jabariyah


Related Posts
Disqus Comments