Ilmu Dunia Akhirat

Berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman seputar ilmu dunia dan ilmu akhirat

Senin, 09 Januari 2017

Asal Usul Sejarah Singkat Lahirnya Ajaran Aliran Khawarij

Khawarij berarti orang-orang yang keluar dari barisan Ali bin Abi Talib. Golongan ini menganggap diri mereka sebagai orang-orang yang keluar dari rumah dan semata-mata untuk berjuang di jalan Allah. Meskipun pada awalnya Khawarij muncul karena persoalan politik, tetapi dalam perkembangannya golongan ini banyak berbicara masalah teologis. Alasan mendasar yang membuat golongan ini keluar dari barisan Ali adalah ketidaksetujuan mereka terhadap arbitrasi atau tahkim yang dijalankan Ali dalam menyelesaikan masalah dengan Mu'awiyah.

Menurut keyakinan golongan Khawarij, semua masalah antara Ali dan Mu'awiyah harus diselesaikan dengan merujuk kepada hukum-hukum Allah yang tertuang dalam Surah al-Ma'idah Ayat 44 yang artinya, “Barang siapa tidak memutuskan dengan apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang kafir.”Berdasarkan ayat ini, Ali, Mu'awiyah, dan orang-orang yang menyetujui tahkim telah menjadi kafir karena mereka dalam memutuskan perkara tidak merujuk Al-Qur,an.
Dalam aliran Khawarij terdapat enam sekte penting, yaitu al-Muhakkimah, al-Azariqah, an-Najdat, al-Ajaridah, asy-Syufriyah, dan al-Ibadiyah.

Tag : Asal usul, Sejarah singkat, Aliran khawarij, Lahirnya ajaran khawarij, Asal usul ajaran khawarij

Related Posts
Disqus Comments