Ilmu Dunia Akhirat

Berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman seputar ilmu dunia dan ilmu akhirat

Minggu, 08 Januari 2017

Asal Usul Sejarah Singkat Lahirnya Ajaran Aliran Murji’ah

Aliran ini disebut Murji'ah karena dalam prinsipnya mereka menunda persoalan konflik antara Ali bin Abi Talib, Mu'awiyah bin Abi Sufyan, dan kaum Khawarij pada hari perhitungan kelak. Oleh karena itu, mereka tidak ingin mengeluarkan pendapat tentang siapa yang benar dan siapa yang kafir di antaraketiga kelompok yang bertikai itu.

Dalam perkembangannya, aliran ini ternyata tidak dapat melepaskan diri dari persoalan teologis yang muncul pada waktu itu. Ketika itu terjadi perdebatan mengenai hukum orang yang berdosa besar. Kaum Murji'ah berpendapat bahwa orang yang berdosa besar tidak dapat dikatakan kafir selama ia tetap mengakui Allah sebagai Tuhannya dan Nabi Muhammad saw sebagai rasul. Pendapat ini merupakan lawan dari pendapat kaum Khawarij yang menyatakan bahwa orang Islam yang berdosa besar hukumnya kafir.

Dalam perjalanan sejarahnya, aliran ini terpecah menjadi dua kelompok, yaitu kelompok moderat dan kelompok ekstrem. Tokoh-tokoh kelompok moderat adalah Hasan bin Muhammad bin Ali bin Abi Talib, Abu Hanifah, dan Abu Yusuf. Kelompok ekstrem terbagi ke dalam beberapa kelompok, di antaranya adalah al-Jahamiyah, as-Salihiyah, al-Yunusiyah, al-ubaidiyah, al-Gailaniyah, as-saubariyah, al-Marisiyah, dan al-Karamiyah.

Tag : Asal usul, Sejarah singkat, Aliran murji'ah, Lahirnya ajaran murji'ah, Asal usul ajaran murji'ah


Related Posts
Disqus Comments