[ADS] Top Ads

Asal Usul Singkat Sejarah Lahirnya Ajaran Aliran Syiah

Author
Published Januari 11, 2017
Asal Usul Singkat Sejarah Lahirnya Ajaran Aliran Syiah

Asal Usul Singkat Sejarah Lahirnya Ajaran Aliran Syiah

Aliran Syiah adalah salah satu aliran dalam Islam yang meyakini Ali bin Abi Talib dan keturunannya sebagai pemimpin Islam setelah Nabi Muhammad saw. wafat. para penulis sejarah Islam berbeda pendapat mengenai awal mula golongan Syiah.

Sebagian menganggap Syiah lahir setelah Nabi Muhammad saw. wafat, yaitu pada saat perebutan kekuasaan antara kaum Muhajirin dan Ansar.

Pendapat yang paling populer tentang lahirnya golongan Syiah adalah setelah gagalnya perundingan antara Ali bin Abi Thalib dan Mu'awiyah bin Abi Sufyan di Siffin.

Perundingan ini diakhiri dengan tahkim atau arbitrasi. Akibat kegagalan itu, sejumlah pasukan Ali memberontak terhadap kepemimpinannya dan keluar dari pasukan Ali.

Mereka ini disebut golongan Khawarij atau orang-orang yang keluar, sedangkan sebagian besar pasukan yang tetap setia kepada Ali disebut Syiah atau pengikut Ali.

Meskipun demikian, terlepas dari semua pendapat tersebut munculnya golongan Syiah adalah setelah terjadi kemelut antara pasukan Ali dan pasukan Mu'awiyah serta kemelut antara sesama pasukan Ali.

Tag : Asal usul, Sejarah singkat, Aliran syiah, Lahirnya ajaran syiah, Asal usul ajaran syiah

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021