Siap Cuan, Begini Cara Investasi Saham di Aplikasi Ajaib Untuk Pemula

Posted on

Tren berinvestasi dan atau trading saham saat ini sedang digandrungi oleh kalangan milenial. Content creator dan influencer di bidang ini pun rasanya banyak yang bermunculan di media sosial. Apalagi di era yang serba digital seperti sekarang ini, siapa pun menjadi sangat mudah untuk bisa mulai berinvestasi atau trading di pasar modal.

Salah satu kemudahan dalam berinvestasi saham sekarang ini bisa dilihat dari banyaknya aplikasi-aplikasi trading yang tersedia. Aplikasi ini memungkinkan calon investor untuk bertransaksi secara online, langsung dari gadget atau smartphonenya.

Salah satu aplikasi trading saham dan reksadana online yang lagi hot saat ini adalah Ajaib. Apalagi sejak Kim Seon Ho, pemeran Han Ji Pyeong dalam serial drama Korea “Start Up” yang hits beberapa waktu lalu, menjadi bintang iklannya.

Apa itu Aplikasi Ajaib?

Ajaib adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Ajaib Group, sebuah perusahaan yang menaungi 2 perusahaan lainnya yaitu PT Ajaib Sekuritas Asia dan PT Takjub Teknologi Indonesia.

PT Ajaib Sekuritas Indonesia (Ajaib Sekuritas) melayani trading dan investasi saham/efek, sedangkan PT Takjub Teknologi Indonesia (Ajaib Reksadana) melayani trading dan investasi reksadana.

Hal inilah yang menjadi salah satu keuntungan investasi di Ajaib, yaitu bahwa kamu bisa bertransaksi saham sekaligus reksadana dalam satu aplikasi. Berbeda dengan aplikasi lainnya yang kebanyakan hanya melayani salah satunya, sehingga kamu harus menggunakan 2 aplikasi berbeda jika ingin bertransaksi saham dan reksadana.

Panduan Cara Investasi di Ajaib Pemula Harus Tahu

Sebelum mulai berinvestasi saham di Ajaib, pastikan dulu kamu telah mengunduh aplikasi Ajaib melalui Google Play Store atau App Store (bagi pengguna iOS).

Setelah itu, ikuti panduan cara investasi saham di Ajaib berikut ini.

1. Daftar dan Isi Data Diri

Langkah pertama adalah melakukan pendaftaran dan mengisikan data diri yang diminta dengan sebenar-benarnya. Akan ada sekitar 5 halaman formulir di mana semua kolomnya wajib terisi, kecuali yang bertanda “opsional”. Karena jika tidak lengkap maka pendaftaran tidak bisa dilanjutkan. Tahap pertama ini sebenarnya merupakan tahap pembukaan Rekening Saham dan Rekening Dana Nasabah (RDN) kamu di dalam aplikasi Ajaib ini.

2. Lakukan Deposit Awal ke RDN

Setelah pendaftaran dan akunmu terverifikasi (maksimal 1×24 jam), secara teknis kamu sudah bisa mulai bertransaksi. Tapi sebelumnya jangan lupa setorkan dulu deposit awal ke RDN kamu. Cara melakukan setoran ke RDN di Ajaib pun terbilang mudah. Kamu bisa transfer melalui bank BCA untuk menghindari biaya transfer. Dana dari deposit inilah yang akan digunakan untuk membeli saham yang kamu incar. Tenang saja, minimal beli saham di Ajaib bisa dilakukan hanya dengan harga mulai dari Rp.10.000.

3. Mulai Membeli Saham

Di Ajaib, informasi lengkap mengenai performa setiap emiten telah disediakan untuk penggunanya. Tujuannya adalah agar kamu bisa melakukan analisa sebelum membeli saham emiten tersebut.

Caranya gampang, pergi ke laman CARI dan klik tombol LIHAT SEMUA. Kamu akan disajikan data dari berbagai emiten yang terdaftar. Jika sudah menemukan saham yang ingin kamu beli, kamu hanya perlu menekan saham tersebut dan geser ke kanan untuk menampilkan opsi BELI.

4. Tentukan Jumlah Lot Yang Ingin Dibeli

Tekan tombol BELI untuk melakukan pembelian. Setelah itu kamu akan masuk ke halaman “Order Book”. Klik pada harga yang tertera dan tentukan jumlah lot yang ingin kamu beli.

5. Konfirmasi Pembelian

Langkah terakhir adalah melakukan konfirmasi pembelian, yaitu dengan cara mengklik tombol BELI yang terdapat pada bagian kanan bawah halaman Order Book. Kamu akan tiba di halaman konfirmasi pembelian. Review lagi pembelian yang hendak kamu lakukan untuk memastikan tidak ada kesalahan dan pembelian kamu sudah sesuai dengan yang kamu inginkan. Jika semuanya sudah OK, klik tombol BELI atau OK. Voila, kamu pun sekarang telah memiliki saham.

Bagaimana? Mudah, bukan?

Demikianlah panduan mengenai cara investasi saham di Ajaib untuk pemula.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *