Ini Dia Cara Belajar Saham Bibit Yang Mudah Dan Aman

Posted on

Bibit merupakan satu dari sekian banyak aplikasi investasi online yang kini semakin banyak diminati. Merupakan platform jual dan beli reksa dana yang sangat cocok untuk pemula karena cara daftarnya yang mudah. Selain itu produk reksa dana juga akan langsung dipilihkan oleh Robo Advisor, sehingga Anda tidak perlu repot memilih sendiri.

Bagi yang sudah mendownload aplikasinya dan sudah membuat akun, mungkin masih bingung bagaimana cara menggunakannya. Berikut ini beberapa cara belajar saham bibit yang bisa dipraktekkan terutama bagi pemula, diantaranya :

  1. Tampilkan Reksa Dana Syariah Saja

Calon investor akan diminta membuat akun dengan menyertakan alamat email yang valid. Setelah proses pendaftaran selesai, maka akun akan terverifikasi ke akun email yang aktif. Pertimbangan awal seorang calon investor yang mencintai keuangan syariah tentu disarankan untuk memilih tampilan syariah saja.

Akun yang sudah terdaftar, secara default akan menampilkan reksa dana konvensional dan syariah. Untuk mengubahnya maka Anda cukup masuk ke profil dan mengubah pengaturannya disana. Dengan begitu secara otomatis sistem dari aplikasi bibit hanya akan menampilkan reksa dana syariah.

  1. Ganti Profil Risiko

Selain mengubah profil pada jenis konvensional dan syariah, calon investor juga dapat mengganti profil risiko. Penentuan profil risiko akan sangat berpengaruh terhadap komposisi investasi reksadana yang direkomendasikan oleh Robo Advisor.

Seiring dengan bertambahnya ilmu dan pengalaman, maka profil risiko akan meningkat dimana hal tersebut juga akan mempengaruhi imbal hasil investasi. Untuk itulah Anda perlu mengubah profil risiko tersebut secara manual dengan mengikuti tren pasar.

  1. Mengganti Pilihan Reksadana Rekomendasi Robo

Cara belajar saham bibitselanjutnya adalah dengan mengganti pilihan reksadana rekomendasi robo secara mandiri. Apabila Anda kurang cocok atau kurang suka dengan produk reksa dana yang ditawarkan oleh Robo, maka dapat diganti sesuai dengan pilihan sendiri.

Meskipun Anda bisa leluasa mengganti, namun pastikan jangan sembarangan ganti. Anda perlu mengetahui dengan jelas produk yang akan Anda pilih dengan membaca prospektus dan fund fact sheet agar kedepan bisa menghasilkan cuan melimpah.

  1. Buatlah Tujuan Investasi Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Ketika seseorang memutuskan untuk berinvestasi, maka ada tujuan yang ingin dicapai. Untuk itulah berinvestasi akan jauh lebih baik jika memiliki tujuan yang jelas. Hal ini dikarenakan beda tujuan dan target, maka akan beda pula produk reksa dana yang sebaiknya dibeli.

Apabila tujuan investasi untuk jangka pendek maka Anda bisa membeli RDPU. Sedangkan untuk tujuan menengah bisa membeli RD tetap dan RD saham atau campuran untuk jangka panjang. Semakin jelas tujuan investasi maka Anda juga akan semakin fokus dan mengetahui berapa besaran uang yang perlu ditabung dalam waktu yang sudah ditentukan.

  1. Switching Produk Reksa Dana

Aplikasi bibit juga menyediakan fitur switching reksa dana yang berguna untuk menukar reksa dana yang dimiliki dengan reksa dana yang lain. Penukaran reksa dana bersifat gratis dan tanpa harus jual terlebih dahulu.

Fitur ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya tidak ada penyetoran lagi dan hemat biaya transfer antar bank. Namun meskipun begitu, fitur ini hanya bisa dilakukan antar produk reksa dana di MI yang sama. Sementara untuk MI yang berbeda belum bisa menggunakan fitur yang satu ini.

  1. Nabung Rutin Reksa Dana

Agar tujuan terealisasi ada baiknya Anda konsisten yaitu menabung rutin reksa dana. Anda bisa memilih untuk top up secara rutin di tanggal yang sama setiap bulannya dengan metode pembayaran yang sama juga. Pada fitur ini, Anda bisa menentukan sendiri kira-kira berapa lama Anda akan menabung secara rutin sesuai dengan tujuan investasi yang ingin Anda capai.

Itulah beberapa cara belajar saham bibit yang mudah dan aman. Sebagai investor pemula, ada baiknya untuk terus menambah pengetahuan dan wawasan mengenai investasi dengan rajin membaca artikel. Anda juga bisa bergabung komunitas bibit di telegram untuk menambah relasi dan bertukar ilmu. Apabila mengalami kesulitan juga bisa chat langsung customer service bibit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *