Panduan Lengkap Dan Cara Belajar Saham Ajaib

Posted on

Di era yang serba digital, peluang bisnis saham dinilai semakin menjanjikan. Maka tidak heran jika Anda akan menemukan banyak sekali aplikasi saham online di google play. Banyak pemula yang kemudian ikut terjun ke dalamnya dengan berbagai tujuan. Berikut panduan lengkap dan cara belajar saham Ajaib.

Apa Itu Saham?

Sebelum masuk terlalu jauh membahas mengenai cara trading ajaib khususnya bagi pemula, ada baiknya mengetahui apa itu saham. Saham sendiri disebut sebagai salah satu instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi. Di satu sisi investor akan mengalami kerugian berbentuk capital loss.

Namun meskipun begitu, para investor juga dapat meraup keuntungan hingga 20 persen bahkan lebih. Hal ini bergantung pada jenis saham yang dipilih apakah sedang mengalami kenaikan atau tidak. Oleh karena itulah untuk membuat strategi saham yang baik  perlu belajar beli saham terlebih dahulu.

Sekilas Tentang Aplikasi Ajaib

Cara belajar saham ajaib tergolong mudah. Ajaib sendiri adalah aplikasi yang dirilis oleh PT Ajaib Sekuritas Asia dan PT Takjub Teknologi Indonesia pada tahun 2018. Ajaib hadir untuk menarik para investor yang ingin melakukan pendanaan di reksa dana secara mudah, aman, dan nyaman.

Aplikasi ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga dijamin keamanannya. Aplikasi ini memiliki keunggulan seperti bebas akses di website maupun aplikasi. Selain itu juga buka rekening tidak perlu deposit awal dan biaya transaksi jual beli saham minimal 0 rupiah.

Panduan Lengkap Belajar Saham Ajaib

Bagi pemula, pasti merasa bingung ketika pertama kali mengakses aplikasi. Hal tersebut sangat wajar, mengingat produk yang ditawarkan juga banyak dan fiturnya beragam. Berikut ini cara belajar saham ajaib yang mudah dan tidak ribet, antara lain :

  1. Download Aplikasi

Sebelum memulai investasi, tentu Anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya di google play store atau app store. Jika sudah maka bisa isi di bagian formulir data untuk melengkapi informasi personal yang dibutuhkan. Pastikan  memasukkan nomor ponsel dan email yang masih aktif untuk kebutuhan verifikasi.

  1. Pastikan Pengisian Data Sudah Sesuai

Untuk pengisian data profil terdapat 4 tahapan antara lain tahap 1 berupa mengisi pertanyaan berdasarkan pengalaman ketika melakukan pendanaan. Tahap 2 berupa verifikasi identitas pribadi, sedangkan tahap 3 yaitu mengisi alamat rumah untuk tujuan mengirim laporan bulanan. Sedangkan tahap 4 mengisi nomor rekening.

Isilah data sesuai dengan identitas yang sesungguhnya karena tentu saja hal ini berhubungan dengan verifikasi data dari aplikasinya. Pastikan semua data sudah sesuai sebelum melanjutkan pada tahap selanjutnya.

  1. Lakukan Pengisian Saldo Dan Mulai Beli Saham

Setelah akun terverifikasi, berarti aplikasi sudah dapat digunakan. Anda bisa melakukan pengisian saldo terlebih dahulu untuk kemudian membeli saham sesuai dengan keinginan Anda. Untuk melihat semua saham emiten yang terdaftar, Anda bisa masuk ke laman ‘Cari’, lalu pilih ‘Lihat Semua’.

Jika Anda masih merasa bingung untuk membeli saham yang mana, Ajaib sudah memberikan beberapa referensi kategori saham populer yang bisa dipilih. Apabila ada beberapa saham yang ingin dibeli atau dipantau pergerakannya, bisa menambahkannya di Watchlist.

  1. Menjual Di Waktu Yang Tepat

Investor biasanya tidak menyukai kerugian. Itulah sebabnya jika saham sudah hijau yang berarti berpotensi untung akan muncul perasaan untuk segera menjualnya sebelum berubah menjadi merah. Untuk menjualnya Anda bisa membuka halaman portofolio lalu pilih saham yang ingin dijual.

Jika sudah dipilih, lalu geser ke kanan pada portofolio saham, dan pilih ‘jual’. Anda selanjutnya akan masuk ke halaman Order Book, Anda bisa tekan pada harga yang sesuai lalu isikan jumlah saham yang ingin dijual. Untuk pencairan dana akan masuk biasanya hingga maksimal 7 hari kerja. Diluar hari kerja (sabtu, minggu, dan libur nasional) tidak disarankan melakukan pencairan.

Itulah panduan lengkap dan cara belajar saham ajaib yang mudah bagi pemula. Perlu dipahami bahwa banyaknya produk, Anda harus bijak dalam memilihnya sesuai dengan tujuan investasi Anda. Jika memungkinkan, Anda bisa mengikuti perkembangan harian dengan membaca artikel yang berkaitan dengan pergerakan saham dan update harganya.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *